Lompat ke konten

Dampak Terburuk Penyakit Mental: Hingga Percobaan Bun*h Diri ?

Penyakit mental merupakan kondisi kesehatan yang sering kali diabaikan atau dianggap sepele oleh sebagian besar masyarakat. Namun, dampak dari penyakit mental bisa sangat merusak, bahkan mencapai titik terendah dalam bentuk percobaan bun*h diri. Artikel ini akan mengulas dampak terburuk dari penyakit mental yang dapat mendorong seseorang untuk mencoba mengakhiri hidupnya.

1. Isolasi Sosial

Orang yang mengalami depresi, kecemasan, atau gangguan mental lainnya cenderung menarik diri dari hubungan sosial, merasa terasing, dan kesulitan berinteraksi dengan orang lain. Isolasi ini dapat memperburuk kondisi mental dan membawa individu pada kesendirian yang melahirkan pikiran-pikiran bun*h diri.

2. Tekanan Emosional yang Berlebihan

Gangguan mood seperti bipolar atau gangguan kecemasan dapat memicu perasaan intens dan tidak terkendali, membuat seseorang merasa terjebak dalam siklus emosi yang sulit diatasi. Tekanan ini dapat menciptakan beban psikologis yang sangat besar, mendorong pemikiran bun*h diri sebagai jalan keluar.

3. Gangguan Kognitif

Beberapa penyakit mental dapat mempengaruhi fungsi kognitif seseorang. Misalnya, depresi dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan mengambil keputusan. Gangguan kognitif ini dapat menurunkan daya tahan mental seseorang, membuatnya sulit untuk melihat harapan atau solusi pada situasi sulit, dan memperbesar kemungkinan percobaan bun*h diri.

4. Perasaan Putus Asa

Seseorang yang merasa putus asa mungkin kehilangan harapan akan pemulihan dan percaya bahwa kematian adalah satu-satunya jalan keluar dari penderitaannya. Perasaan ini dapat memicu niat bun*h diri dan membawa individu pada tindakan ekstrem.

5. Terkucil dari Dukungan Sosial

Stigma sosial terhadap penyakit mental dapat membuat individu merasa terisolasi dan tidak mendapatkan dukungan yang diperlukan. Kekurangan dukungan sosial ini dapat meningkatkan risiko percobaan bun*h diri.

Penyakit mental bukan hanya masalah kesehatan mental, tetapi juga memiliki dampak yang melampaui batas psikologis. Dari isolasi sosial hingga perasaan putus asa, penyakit mental dapat mendorong seseorang ke ambang percobaan bun*h diri.

Pentingnya Konsultasi / Terapi Penenangan.

Konsultasi adalah langkah penting untuk menciptakan masyarakat yang lebih peduli terhadap kesehatan mental dan memastikan bahwa individu yang mengalami penyakit mental mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Profesional kesehatan mental dapat merujuk individu ke layanan darurat atau program perawatan yang sesuai. Dengan adanya konsultasi, stigma terkait penyakit mental dapat diatasi, dan individu dapat merasa didukung dalam perjalanan pemulihan mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beranda » Artikel » Dampak Terburuk Penyakit Mental

Dampak Terburuk Penyakit Mental